Cara Cepat Menemukan Passion Bisnis Anda

Anda pasti setuju, bisnis tanpa passion merupakan sesuatu yang hambar. Bagaimana tidak, passion termasuk salah satu jalan bisnis yang harus Anda lewati. Apa sebenarnya passion itu ?, passion adalah suatu dorongan, minat atau semangat kita dalam melakukan sesuatu. Seberapa pentingnya passion untuk bisnis?, Anda bayangkan saja, bagaimana rasanya jika Anda disuruh menulis tentang mamalia, padahal diri Anda sama sekali tidak tertarik dengan mamalia. Bahkan Anda tidak mengerti sama sekali tentang mamalia. Tentu hal tersebut akan membuat Anda cepat boring dan tidak bersemangat. Seperti itulah gambaran betapa pentingnya sebuah passion dalam bisnis. Lalu bagaimana cara Anda agar cepat menemukan passion bisnis?, Anda bisa pelajari poin – poin dibawah yang akan saya jabarkan satu persatu.

Apa hobi Anda?

Sejak kecil Anda pasti sudah sering ditanya oleh guru, “ apa hobi kamu? “, pertanyaan tersebut sebenarnya adalah sebuah pancingan agar Anda sedari dini sudah dapat menentukan passion. Pada saat sekolah mungkin Anda akan menjawab “hobi saya membaca”, “ hobi saya menulis” atau jawaban – jawaban yang pada saat itu familiar ditelinga Anda. Akan tetapi untuk sekarang, sudah berbeda masa, Anda benar – benar harus berpikir, bahwa passion bisa mendatangkan penghasilan. Passion tidak hanya karena sesuatu yang sering kita dengarkan dan lihat di televisi atau radio. Jika Anda memiliki hobi membaca, maka kembangkanlah. Bagaimana cara agar dengan membaca Anda dapat menghasilkan sesuatu. Menjadi reviewers misalnya, dengan membaca banyak sumber dan referensi Anda akan dengan mudah memberikan sebuah review untuk sebuah artikel ataupun sebuah produk. Jika Anda memiliki hobi menulis, Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan menulis banyak artikel berharga yang nantinya bisa Anda jual atau posting di web Anda sendiri. Menjadi freelancer yang bekerja untuk sebuah situs atau majalah. Semuanya sangat mungkin Anda lakukan dengan hobi menulis yang Anda suka. Dari sekarang kembangkanlah hobi Anda agar hobi tidak hanya jadi sekedar hobi, tapi sebuah jalan menuju kesuksesan.

Waktu Anda habis untuk apa?

Apakah waktu Anda habis hanya untuk merenung? Atau bengong? Saya pikir tidak. Tentunya Anda adalah pribadi yang aktif dalam sesuatu hal, meski hanya untuk main game. Cara menemukan passion bisnis Anda adalah dengan menganalisa waktu Anda. Dalam sehari Anda mempunyai kegiatan apa saja? Ataupun dalam seminggu Anda sudah melakukan apa saja. Jika Anda dalam seminggu ternyata sering sekali bermain game, maka bisa jadi passion bisnis Anda adalah game. Jangan salah, di zaman sekarang game merupakan sumber pendapatan. Sebagai contoh Esport, game sudah masuk sebagai olaraga elektronik atau online. Pada tahun ini tepatnya tahun 2018 ini, Indonesia menjadi tuan rumah SEA GAMES dengan beberapa game online yang dipertandingkan di ajang tersebut. Intinya jangan batasi diri Anda, kembangkanlah dan terus kembangkan bakat Anda.

Kegiatan yang Anda suka

Anda pastinya memiliki sebuah kegiatan yang sering bahkan setiap hari Anda lakukan. Bahkan Anda sebisa mungkin untuk melakukan kegiatan tersebut, entah karena kebutuhan atau memang interest. Nah, bisa jadi kegiatan Anda tersebut sebuah passion untuk Anda kembangkan. Contohnya, Anda sering membuat tulisan – tulisan berbau motivasi, membuat tulisan yang bersifat mengajak atau menyemangati orang lain. Kegiatan tersebut terlihat sepele, akan tetapi bisa berguna untuk Anda, dan orang – orang yang membacanya. Kembangkan kegiatan Anda tersebut, mungkin Anda adalah calon motivator sukses. Sekali lagi intinya selalu kembangkan apa yang menjadi minat Anda.

Anda tidak pernah puas dengan sesuatu hal dan ingin lebih dan lebih lagi

Pernahkah Anda merasa tidak puas dengan sesuatu hal, menata ruangan misalnya. Anda selalu berusaha menata ruangan sebaik mungkin dan seindah mungkin. Tidak pernah puas dengan suatu hal adalah ciri sebuah passion yang ada pada diri Anda.

Waktu terasa cepat berlalu ketika Anda melakukan sesuatu

Siapapun akan cepat merasa bosan dan waktu akan terasa berjalan sangat lamban jika melakukan sesuatu yang tidak disukai. Hal tersebut sudah pasti dan tidak dapat dipungkiri lagi. Coba lakukan riset, hal apa saja yang membuat Anda sangat interest, sehingga waktu terasa sangat cepat berlalu. Mungkin hal tersebut adalah minat atau passion dari diriAnda. Anda hanya perlu mengembangkan dan mencari jalurnya agar minat Anda tersebutbisa menghasilkan sesuatu.
Baca Juga : Strategi Membangun Bisnis
    1. Vidy Setiyawati 16 Desember 2018

    Leave Comment