Keuntungan Belanja di Pasar Tradisional Dibanding Pasar Online

Sebelum membahas apa saja keuntungan belanja dipasar tradisional dibanding pasar online, alangkah lebih baiknya anda harus mengetahui apa pengertian masing – masing pasar tersebut.
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar ( sumber wikipedia )
Sedangkan pasar online adalah tempat jual beli barang dan jasa, akan tetapi si pembeli ataupun penjualnya tidak bertatap muka secara langsung. Biasanya menggunakan media internet atau online.
Berdasarkan pengertian – pengertian diatas anda dapat menafsirkan ada perbedaan yang sangat menonjol, yaitu pola interaksi antara penjual dan pembeli. Selanjutnya akan saya sampaikan apa saja keuntungan jika anda berbelanja dipasar tradisional dibanding pasar online.

Bisa tawar menawar

Tentu saja anda bisa melakukan transaksi tawar menawar. Bisa saya katakan harga barang – barang yang dijual dipasar tradisional cenderung fleksibel atau bisa ditawar. Semakin anda pandai dan berani menawar maka anda bisa mendapatkan harga termurah. Tidak seperti jika anda berbelanja secara online, harga yang tertera adalah harga pas, dan tentu saja anda tidak bisa menawarnya.

Ada bermacam – macam barang yang dijual

Barang – barang yang dijual dipasar tradisional sangatlah lengkap. Semuanya hampir dipastikan ada disana. Dari perlengkapan mandi, memasak, sayuran, daging, buah dan lain lain semuanya tersedia. Di pasar onlinepun saat ini juga sudah sangat lengkap, tapi tetap saja tidak bisa mengalahkan lengkapnya pasar tradisional. Contoh barang yang dijual di pasar tradisional tetapi di pasar online tidak ada ;
  1. Daging segar
  2. Buah – buahan segar
  3. Es krim
  4. Rempah – rempah atau bumbu dapur
  5. Tambal panci
  6. dll.

Produk yang dijual di pasar tradisional adalah produk dalam negeri

Keuntungan yang lain adalah dengan anda berbelanja dipasar tradisional, anda berarti sudah membantu meningkatkan penghasilan daerah. Berarti anda adalah seorang warga negara yang cinta produk dalam negeri. Jangan salah, kualitas produk dalam negeri tidak kalah baiknya dengan produk import.

Produk yang dijual lebih segar dan sedap

Belanja dipasar tradisional juga menawarkan hal seperti produk yang dijual biasanya masih segar dan sedap. Namanya juga pasar tradisional tentu saja produk – produk yang dijual disana adalah produk yang segar alias baru petik. Karena kegiatan pasar dimulai sudah dari pagi – pagi buta, dari supply hingga transaksi penjualan. Jadi dipastikan produk yang dijual disana adalah produk – produk yang masih segar dan sedap.

Bangun tidur bisa langsung berbelanja

Belanja dipasar tradisional anda tidak perlu khawatir harus berdandan ini dan itu. Jadi sejak dari bangun tidurpun anda sudah bisa langsung berbelanja.

Harga dipastikan lebih murah

Harga dipasar tradisional selain bisa ditawar biasanya juga sudah murah. Karena biasanya penjual disana adalah penjual yang menjual dari hasil produk mereka sendiri. Contohnya petani yang menjual sayurannya sendiri, pembuat tahu yang menjual hasil olahannya sendiri, dll.

Belanja di pasar tradisional berarti menambah saudara

Silaturahmi tidak hanya waktu lebaran saja, silaturahmi bisa anda lakukan juga pada saat anda berbelanja dipasar. Baik dengan para pedagang ataupun pembeli lain. Karena dipasar tradisional kesenjangan tidaklah ada, yang ada disana hanyalah transaksi jual beli. Disana semuanya sama, sama – sama saling membutuhkan. Semoga artikel saya kali ini dapat membantu membuka pikiran kita bersama, bahwa meskipun sekarang adalah era digital, penuh dengan kemudahan teknologi. Hal – hal semacam ini, seperti pasar tradisional yang notabene sudah berjalan turun temurun, tidak akan hilang atau musnah begitu saja. Kita sebagai generasi penerus, haruslah melanjutkan budaya yang sudah berjalan baik, agar negara ini tidak kehilangan jati dirinya.
  • Leave Comment