Cara Mengembangkan Toko Online Agar Ramai Pembeli

Mengembangkan toko online agar ramai pembeli sebenarnya gampang – gampang susah. Pada jaman sekarang memang toko online merupakan hal yang sudah familiar. Meskipun begitu persaingan antara toko online masih terbilang sangat ketat. Banyak toko online yang menawarkan berbagai kemudahan dan juga diskon saat anda berbelanja disana. Banyak cara agar toko online anda berkembang pesat dengan memiliki banyak pelanggan setiap harinya. Berdasarkan sedikit pengalaman yang saya miliki, anda bisa mempelajari point – point berikut, agar toko online anda mulai ramai pembeli. Tapi sebelumnya, akan saya perkenalkan apa itu yang dimaksud toko online dan cara kerjanya. Toko online adalah sebuah tempat untuk memperjualbelikan barang dan jasa. Atau tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi. Iya, anda pasti sudah mengerti dan paham benar apa yang dimaksud dengan toko online, akan tetapi untuk cara kerjanya mungkin hanya beberapa orang saja yang mengetahuinya.

Cara Kerja Toko Online

Toko online yang dikenal di Indonesia sangat banyak, beberapa diantaranya adalah ;
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Lazada
  • Shopee
  • Bhineka
  • OLX
  • Elevenia
  • Blibli
  • Zalora
  • Dll
Masing – masing toko online memiliki kelebihan dan kekurangan, dan memiliki cara kerja yang berbeda – beda. Sebelum anda membaca lebih lanjut tentang bagaimana cara mengembangkan toko online agar ramai pembeli, alangkah baiknya anda mengetahui bagaimana cara kerja toko online itu sebenarnya.

Semua transaksi via online

Namanya juga toko online, sudah pasti hampir semua transaksinya via online. Dari update barang, pesan barang, pembayaran, pengiriman semuanya dilakukan dengan cepat. Maka dari itu banyak penyedia e – commerce menyediakan aplikasi untuk mempermudah pembeli dalam berbelanja. Karena semua produk dan cara pembelian sangat mudah diketahui dengan adanya sebuah aplikasi pendukung.

Produk variatif dan selalu up to date

Sangat mudah sekali mengoperasikan toko online dengan smartphone ataupun laptop. Maka dari itu update barang tidak pernah terlambat. Dan perlu diperhatikan produk yang variatif dengan berbagai macam penawaran yang menarik akan membuat toko online anda semakin dilirik oleh calon pembeli.

Pengiriman cukup dengan klik

Adanya era digital saat ini, membuat semua kegiatan bisa anda lakukan hanya dengan satu klik. Dulu sebelum maraknya toko online atau kegiatan online, kita mau kirim barang ke teman yang berbeda kota atau pulau kita harus datang ke kantor pos, membeli perangko, mengisi blangko, mempersiapkan paket dll. Tapi sekarang, anda tidak perlu susah payah untuk melakukan kegiatan tersebut, karena hanya dengan satu klik anda sudah dapat mengirimkan barang anda kemanapun tujuan anda.

Yang diperjualbelikan bermacam – macam

Anda pasti melihat banyak barang yang diperjualbelikan di toko online, barang a sampai dengan z ada semua. Semua barang disediakan oleh penjual agar para calon pembeli merasa dicukupi kebutuhannya, agar pembeli kembali lagi ke sebuah toko online untuk memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu toko online diperjualbelikan bermacam – macam barang. Nah, itu adalah cara kerja sebuah toko online yang wajib anda ketahui, agar anda bisa mengatur bagaimana sebaiknya toko online anda atur sebagaimana mestinya. Dan selanjutnya akan saya bahas satu persatu bagaimana cara mengembangkan toko online anda agar ramai pembeli.

Buat toko online anda dengan nama toko yang berkarakter.

Maksud saya dengan membuat toko online dengan nama yang berkarakter adalah buatlah nama yang mudah diingat dan familiar. Contohnya Bukalapak.com dari nama situsnya saja anda pasti tahu bahwa itu adalah situs e – commerce. Jangan takut untuk out of the box, buatlah nama untuk toko online anda seunik mungkin. Sehingga orang – orang akan mudah mengingatnya.

Deskripsikan produk anda sedetail mungkin.

Ini sangat penting, calon pembeli selalu melihat deskripsi produk saat akan membeli sebuah barang. Jadi jangan sampai deskripsi produk tidak jelas atau bahkan kosong. Deskripsi produk biasanya tertulis kegunaan atau manfaat, isi paket produk, cara pakai, spesifikasi dan lain – lain. Intinya deskripsi produk jangan sampai kosong.

Berikan promo atau diskon pada hari – hari tertentu.

Memberikan promo atau diskon akan sangat menarik perhatian calon pembeli. Anda bisa memulai dengan rencana promo beli satu dapat satu atau beli dua free piring atau apapun yang bisa anda programkan.

Selalu Online.

Nah ini sangat penting, calon pembeli biasanya tidak sabaran untuk bertanya sesuatu seputar produk yang ingin mereka beli. Anda seharusnya menyediakan layanan chat 24 jam, agar calon pembeli tertarik. Berikan apa yang diinginkan calon pembeli. Permudahlah transaksi jual beli mereka. Maka toko online anda tidak akan sepi pengunjung alias ramai pembeli. Dan juga harus anda ingat, berikan customer service yang ramah, dan dapat memberikan solusi kepada calon pembeli agar calon pembeli semakin interest dengan toko online anda.

Jangan biarkan pengunjung pergi begitu saja.

Jika ada pengunjung yang masuk ke toko online anda, jangan biarkan mereka pergi begitu saja tanpa adanya basa basi dari toko online anda. Tidak mungkin kan jika anda berjualan dipasar, ada pengunjung yang mendatangi lapak anda dan melihat barang – barang yang anda jual, dan anda hanya diam saja. Berkomunikasilah dengan mereka, meskipun belum tentu mereka membeli barang anda. Berikan pesan selamat datang, dan munculkan pesan promo atau layanan chat live kepada calon pembeli. Berikan pesan sampai jumpa ketika mereka memutuskan untuk meninggalkan toko online anda. Tapi jangan lupa selalu lampirkan promo – promo dari toko anda. Mereka akan lebih tertarik dan berpikir mendatangi toko anda untuk kedua kalinya. Saya yakin itu.

Tanggapilah setiap pertanyaan dan komplen mereka.

Calon pembeli biasanya aktif sekali ketika ingin membeli sesuatu. Mereka akan bertanya bermacam – macam pertanyaan. Dan terkadang membuat beberapa admin toko online tidak sabar, apalagi jika tidak jadi membeli. Jangan lakukan itu!. Anda harus ramah dan lebih pengertian dengan calon pembeli. Posisikan diri anda jika andalah calon pembeli, berikan simpati kepada calon pembeli agar mereka merasa nyaman untuk berbelanja di toko online anda. Selalu follow up komplen dari calon pembeli, jangan acuhkan mereka. Mereka membeli untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan. Puaskan mereka!.

Perhatikan kadaluarsa barang.

Jika anda menjual barang – barang yang memiliki masa expired, anda harus lebih memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai anda menjual barang yang sudah kadaluarsa. Begitu barang anda kirim dan setelah sampai konsumen baru diketahui bahwa barang yang anda kirim adalah barang yang kadaluarsa akan membuat tingkat kepercayaan pembeli kepada toko online anda menurun. Jadi perhatikan tanggal kadaluarsa barang yang anda jual.

Sertakan alamat offline toko anda.

Memang toko yang anda miliki dikelola secara online, tapi jangan salah, konsumen yang sangat berhati – hati ketika membeli. Dan dengan menyertakan alamat offline toko anda, itu sudah merupakan nilai lebih dan membantu memberikan kepercayaan untuk toko online anda.

Berikan kontak yang jelas dan detail.

Ini juga sama pentingnya, calon pembeli juga lebih mempercayai toko online yang memberikan kontak yang jelas valid dan detail. Kalau perlu berikan link ke media social anda, agar para calon pembeli lebih mengenal anda.

Lakukan pengiriman secepatnya.

Lakukanlah pengiriman paket secepatnya setelah pembeli melakukan transfer. Jangan tunda – tunda apalagi kelewat hari. Jika terpaksa kelewat hari, berikan batasan transfer, misalnya; Transfer pagi sampai dengan jam 12.00 akan dikirim di hari yang sama. Dan jika transfer lebih dari jam 12.00 akan dikirim esok harinya. Berikan penjelasan terlebih dahulu ketika ada calon pembeli yang sudah menentukan pembelian di toko online anda. Jangan sampai ada salah pemahaman dengan pembeli.

Pandu calon pembeli untuk menelusuri produk – produk yang anda jual.

Ini sangat bergantung pada website yang anda miliki. Biasanya template websitenyalah yang bekerja. Maksudnya sediakan berbagai menu penunjang agar mempermudah calon pembeli menelusuri berbagai macam produk yang anda jual. Perbanyaklah kategori agar pembeli semakin tertarik. Kelompokkan secara rapi agar enak dipandang dan dibaca. Disinilah kuncinya, website anda haruslah yang terbaik untuk e – commerce. Agar segala kebutuhan toko online anda terpenuhi. Jangan ragu untuk membeli template untuk mendapatkan template sesuai kebutuhan toko online anda. Nah, beberapa poin diatas mungkin belum sepenuhnya, karena masih sangat banyak yang bisa anda lakukan agar toko online anda ramai pembeli. Tapi meski demikian, poin – poin diataswajib anda lakukan agar membuat toko online anda menarik untuk dikunjungi calonpembeli.
Baca Juga : Mudahnya Teknik Mengelola Blog untuk Pemula
Demikian yang bisa saya tulis di artikel Cara Mengembangkan Toko Online Agar Ramai Pembeli. Semoga anda sukses dan lancar dalammenjalankan toko online anda. Silahkan berlangganan artikel diweb saya, untuk mendapatkan postingan – postingan terbaru seputar bisnis danmotivasi.
  • Leave Comment