Panduan Lengkap Membuka Usaha Waralaba Kebab Turki

Siapa yang tidak mengenal usaha waralaba yang satu ini, waralaba kebab Turki sudah sangat menjamur dimasyarakat Indonesia.  Asal kebab sendiri adalah dari negara – negara Timur Tengah, salah satunya negara Turki. Di negara asalnya sendiri posisi kebab sudah mengalahkan makanan paling populer di dunia yaitu burger, pizza dan hot dog. Jadi penasaran bukan? Kenapa kebab bisa begitu disukai oleh banyak orang?. Anda sendiri pasti juga sudah pernah mencobanya sendiri, bagaimana?.

Rasa – rasanya tidak pernah bosan untuk memakannya lagi bukan?

Kebab Turki sudah sangat dikenal dengan kelezatannya, dan tidak diragukan lagi. Kebab adalah hidangan daging panggang atau bakar yang ditusuk dengan tusukan atau besi. Pada umumnya kebab menggunakan daging sapi dilengkapi dengan berbagai macam sayuran dan saus.

Saat ini kebab Turki atau lebih tepatnya waralaba Kebab Turki sudah marak di Indonesia. Maka dari itu Bisniszet.com akan mengulasnya, dari perencanaan bisnis hingga resep yang mantap untuk membuat kebab.

Bab 1. Kenapa Kebab Turki?

Pasar Yang Sudah Mapan

Kebab Turki pertama kali dikenalkan oleh founder Baba Rafi, Hendy Setiono sejak tahun 2005. Sebelumnya Hendy sudah berjualan lebih dahulu pada tahun2003 tanpa nama ataupun brand. Setelah muncul brand Kebab Turki Baba Rafi, kebab sudah mulai dikenal masyarakat banyak. Tidak tanggung – tanggung Baba Rafi sudah memiliki 336 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia pada awal pembukaannya.

Kebab Turki merupakan makanan yang dapat dikonsumsi oleh siapapun, karena kandungan gizinya cukup banyak dan kelezatannyapun menarik lidah masyarakat Indonesia untuk memakannya kembali.

Disetiap daerah di Indonesia sudah sangat dikenal dengan yang namanya Kebab Turki, alasan itulah yang menyebabkan pasar atau target market untuk makanan ini tidak diragukan.

Modal Kecil

Untuk  membuka usaha waralaba kebab Turki sendiri, anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Anda bisa memulainya dengan modal yang kecil saja.

Anda tidak perlu menyewa kios atau ruko untuk pembukaan awal usaha kebab ini, karena usaha ini dapat anda jalankan di tempat terbuka hanya dengan gerobak dorong atau etalase sederhana.

Bahan – bahannya pun dapat dengan mudah anda temukan, pasar, warung ataupun gerobak sayur.

Jadi usaha ini minim sekali modalnya, dan yang paling penting dengan modal kecil anda sudah dapat membuka usaha kebab anda sendiri.

Dapat Di Konsumsi Siapapun

Kebab Turki adalah makanan halal, sehat dan murah.

Jadi siapapun bisa menikmati makanan ini. Dari anak – anak, remaja, dewasa hingga orang tua boleh mengkonsumsi kebab Turki.

Bab 2. Perencanaan Modal

Modal Untuk Perlengkapan Jual Kebab

Gerobak Kebab

Sebenarnya sudah banyak sekali jasa yang menawarkan pembuatan gerobak kebab Turki. Harganya dikisaran Rp.5.000.000 s/d Rp.7.000.000 tergantung dari model dan bahan yang digunakan.

Kelebihan anda membeli gerobak yang sudah jadi adalah banyak pilihan model, hemat waktu, dan biasanya lebih murah ketimbang anda merakitnya sendiri.

Saya sarankan lebih baik anda membeli saja untuk gerobaknya, selain menghemat waktu dan modal, dengan membeli gerobak yang sudah jadi anda bisa langsung memulai menjual dan memikirkan pemasarannya.

Tetapi jika anda berniat untuk membuat sendiri gerobaknya, ada banyak referensi yang bisa anda gunakan di Google.

Peralatan Menjual Kebab

Setelah gerobak anda siapkan, kini saatnya anda melengkapinya dengan peralatan – peralatan yang mendukung untuk berjualan kebab.

Perlengkapan yang harus anda siapkan diantaranya adalah sebagai berikut ;

  1. Burner atau pemanggang daging seharga Rp.2.000.000
  2. Pisau pemotong daging seharga Rp.200.000
  3. Kompor gas dengan kelengkapannya Rp.500.000
  4. Sutil atau spatula Rp.50.000
  5. Wajan seharga Rp.100.000
  6. Telenan seharga Rp.50.000
  7. Bungkus burger seharga Rp.50.000 per 50 pcs
  8. Sarung tangan plastik Rp.100.000 per 100 pcs
  9. Piring Rp.150.000 per lusin

Untuk membeli semua peralatan – peralatan diatas kurang lebih anda harus mengeluarkan modal sebesar Rp.3.200.000.

Untuk peralatan anda bisa sesuaikan dengan kemampuan modal anda, bisa saja anda membutuhkan beberapa peralatan sebagai pendukung dalam membuat kebab anda sendiri.

Yang saya gambarkan diatas adalah perkiraan berdasarkan kebutuhan peralatan mendasar untuk membuat kebab. Akan tetapi tidak mengikat, anda bisa sesuaikan sendiri dengan kebutuhan.

Modal Untuk Promosi

Promosi memang sangat penting dalam memperkenalkan sebuah produk. Banyak sekali cara mempromosikan sebuah produk, dan semuanya membutuhkan modal yang cukup banyak.

Maka disini saya akan memberikan gambaran berapakah jumlah modal yang harus anda keluarkan untuk mempromosikan kebab anda.

  1. Promosi dengan media cetak, seperti brosur, poster, banner dan flyer

Untuk media cetak semacam ini anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, cukup dengan modal sejumlah Rp.500.000 anda sudah bisa mencetak semuanya dengan jumlah yang jangan terlalu banyak dahulu.

Sebaiknya anda mempromosikan kebab anda secara konsisten dengan design media cetak yang berbeda – beda atau berubah – rubah.

  • Promosi dengan mengiklankan di radio

Promosi di radio bisa menjadi alternatif iklan yang manjur, selain murah promosi diradio biasanya sangat tepat sasaran. Dalam satu wilayah secara regional bisa mendengarkan iklan yang anda buat diradio.

Tapi ingat iklan diradio jangan hanya anda lakukan sekali dua kali, tetapi lakukan secara konsisten.

Promosi akan sangat bervariasi seiring kreativitas anda, maka out of the box sangat penting untuk membangun sebuah bisnis.

Bab 3. Hal – Hal Yang Sangat Diperlukan Dalam Membuka Bisnis Kebab

Lokasi Strategis Membuka Bisnis Kebab

Bisnis kebab adalah bisnis yang harus memiliki lapak atau warung atau kios. Bisa juga anda berkeliling, akan tetapi saya belum pernah melihat penjual kebab yang berkeliling.

Lokasi strategis biasanya identik dengan tempat yang ramai.

Bisa juga anda membuka stand di depan Indomaret atau Alfamart, karena biasanya saya juga sering menemukan penjual kebab didepan toko – toko itu.

Kebab merupakan makanan yang dapat dikonsumsi siapapun, maka dari itu target pasarnya luas.

Nah, berdasarkan dengan ini, anda bisa membuka usaha anda ini di alun – alun kota atau didepan kampus dan sekolahan.

Usahakan ditempat yang mudah aliran listriknya, jadi anda tidak perlu jauh – jauh menyambung kabel untuk menghidupkan lampu.

Jangan jauh – jauh dari sumber air.

Dan yang pasti carilah tempat yang dekat dengan jalan akses untuk lalu lalang banyak orang.

Harga Jual Kebab

Harga adalah salah satu pemancing para pembeli untuk mencoba kebab anda.

Harga kebab biasanya ya segitu – gitu saja, akan tetapi anda tetap harus survey.

Alangkah lebih baiknya jika anda menyesuaikan dengan harga kebab yang ada disekitar kota anda.

Akan tetapi anda juga harus ingat, bahwa harga bahan baku tidak selalu sama. Jadi anda juga harus menyesuaikan kenaikan harga bahan baku yang anda beli.

Jangan sampai terlalu mahal atau bahkan terlalu murah.

Yang pas saja.

Bab 4. Analisa Usaha Kebab

Saya akan memberikan gambaran, analisa keuangan usaha kebab yang akan anda jalankan.

GerobakRp.5.000.000 Investasi
PeralatanRp.3.200.000 Investasi
PromosiRp.600.000  
Bahan Untuk 50 PorsiRp.300.000  
 Rp.9.100.000  
Harga 1 Porsi Kebab Rp.10.000
Harga 50 Porsi Kebab Rp.500.000
Rp.500.000 dikurangi bahan Rp 300.000
Rp.200.000 Laba bersih
Balik modal kurang lebih 50 hari dengan target penjualan 50 porsi perharinya.

Ini hanya simulasi, semuanya bisa berbeda saat dilapangan. Paling tidak anda bisa mengerti bagaimana cara mengelola modal anda dengan baik.

Agar perencanaan bisnis anda matang dan siap jual.

Sekali lagi, usaha ini adalah usaha yang menjanjikan. Usaha yang akan berkembang pesat dikemuadian hari.

Jika ada yang kurang atau mungkin ada tambahan bisa anda tulis dikolom komentar.

Terimakasih.

  • Leave Comment