Rahasia Marketing Sukses Dengan Target Penjualan Yang Melonjak

Marketing adalah aktifitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat umum. Setidaknya itulah definisi marketing yang saya kutip dari Wikipedia.

Sebenarnya sudah banyak sekali tips – tips yang diinformasikan di internet oleh pakar – pakar marketing. Akan tetapi terkadang profesi ini sering diremehkan. Tapi sebenarnya untuk menjadi seorang marketing yang handal tidaklah mudah dan membutuhkan banyak pengalaman.

Tidak bisa dipungkiri seorang marketing adalah ujung tombaknya pemasaran. Tanpa adanya marketing sebuah perusahaan akan facum dan akan mengalami kerugian.

Target marketing haruslah jelas

Ini adalah segmen pasar yang harus anda kenali. Buku, smartphone, makanan, obat – obatan dan lain – lain, intinya anda harus menyesuaikan segmen pasar anda. Konsumen mana yang membutuhkan buku, konsumen mana yang membutuhkan obat – obatan dan seterusnya.

Produk Knowledge

Seorang marketing haruslah mengetahui baik buruknya produk yang akan dipasarkan. Apa saja manfaatnya, apa saja keuntungannya, berapa harganya, bagaimana cara membelinya, bagaimana cara menggunakannya ataupun promo apa saja yang akan didapatkan oleh konsumen.

Ini sangat penting untuk menarik perhatian seorang konsumen. Seorang marketing haruslah menguasai produk knowledge, mengerti dengan detail produk yang dijual.

Seorang marketing yang tidak paham dengan produk yang dipasarkan akan membuat konsumen ragu dan tidak tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.

Kesan Pertama Didepan Calon Konsumen

Seorang marketing yang professional adalah seorang yang penuh dengan kharisma. Seorang marketing haruslah memberi kesan yang baik pada detik – detik awal pertemuan dengan calon konsumen.

Anda perlu melakukan perkenalan, basa – basi secara sopan, perkataan yang jelas dan berbobot. Semua itu akan jadi nilai plus yang pasti diberikan oleh calon konsumen.

Sikap antusias, tegas, berwibawa, dan bahasa yang sopan akan membuat calon konsumen lebih serius mendengarkan anda. Jadi anda tidak akan mengalami kesulitan untuk meyakinkan calon konsumen tentang produk yang anda tawarkan.

Bangun Relasi Seluas – Luasnya

Marketing erat hubungannya dengan relasi atau jaringan. Dimana semakin luas jaringan relasi anda, maka kesempatan anda untuk sukses menjalankan marketing sangatlah besar.

Relasi atau jaringan tidak hanya konsumen, tapi bisa juga relasi berupa kenalan atau teman yang bertambah setiap harinya.

Semakin banyak relasi yang anda miliki, maka semakin cepat informasi produk anda tersebar. Jadi jangan remehkan hal ini, segera bangun relasi atau jaringan anda. Semakin cepat semaikin baik.

Tunjukkan Sikap Optimis dan Pantang Menyerah

Dalam mempromosikan produk anda, bangunlah sikap optimisme dan tidak mudah menyerah. Selalu pastikan kepada konsumen bahwa produk andalah yang terbaik.

Optimisme dalam marketing sangatlah penting untuk membangun kepercayaan.

Simpan dan Tindak Lanjuti Testimonial Konsumen

Anda sebagai seorang marketing haruslah mengerti apa yang diinginkan konsumen. Jadi sudah sewajarnya anda mencatat atau menyimpan semua testimoni yang diberikan konsumen kepada anda.

Setelah anda pelajari setiap testimonial konsumen yang membangun dan masuk akal, selanjutnya anda bisa menindak lanjuti apa sebenarnya yang diinginkan oleh konsumen.

Marketing Seharusnya Konsisten

Dalam marketing memang untuk menuju hasil yang maksimal tidak bisa hanya sekali dua kali dilakukan. Anda sebaiknya konsisten melakukan marketing kepada konsumen – konsumen baru.

Jangan berhenti meski anda sudah mencapai target penjualan anda. Lakukan secara konsisten dan dapatkan konsumen sebanyak – banyaknya.

Lupakan Zona Nyaman

Setiap manusia memiliki zona nyamannya sendiri – sendiri. Jangan pernah terbuai dengan rasa malas. Karena waktu tidak bisa anda putar kembali.

Lakukan sekarang pada saat anda masih muda, masih kuat – kuatnya dan masih sanggup untuk berfikir keras.

Tentukan strategi marketing agar produk anda habis terjual dan laris setiap waktunya.

Lupakan zona nyaman anda, ambilah resiko jika perlu. Tapi tetap lakukan spekulasi yang logis.

Kenapa “Saya” Harus Membeli Produk Anda

Tanamkan benar – benar pada diri anda, bahwa setiap konsumen mempunyai pemikiran yang berbeda – beda.

Buatlah pertanyaan diatas terjawab dengan menyampaikan berbagai keunggulan produk anda dibandingkan dengan produk serupa milik kompetitor anda.

Sampaikan deskripsi dan keunggulan produk – produk anda sedetail – detailnya.

Sampaikan kemudahan untuk mendapatkan produk anda, promo – promo yang berlaku, keunggulan produk, cara pemakaian, dan lain sebagainya.

Tunjukkan Bukti Nyata Keunggulan Produk

Bukti keunggulan sebuah produk bisa anda tunjukkan untuk memperkuat promosi anda.

Misalnya anda menjual produk kecantikan maka anda bisa tunjukkan foto before and after, anda menjual alat elektronik maka anda bisa tunjukkan dengan memperlihatkan cara kerjanya dan keunggulannya.

Teknologi Yang Mendukung Promosi

Promosi dijaman sekarang sudah sangat canggih. Adanya sosial media dan semakin dikenalnya dunia internet membuat pekerjaan seorang marketing semakin mudah.

Mungkin dulu marketing hanya bisa dilakukan dengan verbal atau dengan penyampaian secara langsung. Akan tetapi sekarang promosi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan konsumen.

Yang perlu anda miliki untuk promosi dengan sosial media atau internet hanyalah smartphone dan koneksi internet.

Sudah semakin simple dan efektif. Maka seorang marketing sekarang ini dituntut untuk bisa menggunakan sosial media sebaik mungkin.

Marketing Dengan Pasang Iklan

Ini adalah cara termudah dan tercepat. Anda bisa pasang iklan berbayar yang terdapat di internet, koran dan televisi.

Maksimalkan pemasangan iklan yang mudah ditemukan oleh konsumen.

Gunakan iklan dengan bahasa yang sedikit berlebihan mungkin juga bagus. Karena biasanya iklan dengan bahasa sedikit lebay bisa menarik perhatian konsumen.

Sangat penting bagi anda sebagai seorang marketing untuk menerapkan semua ilmu diatas. Marketing harus kreatif dalam membangun strategi agar penjualan tercapai.

Demikian beberapa hal yang harus anda lakukan, agar target penjualan anda melonjak. Semoga berhasil.

  • Leave Comment