Tips Jitu Memilih Jasa Pengiriman Paket

Beberapa hari kemarin saya dikejutkan dengan paket saya yang dikirim dari Jakarta yang belum sampai ke tangan saya akan tetapi di status tracking pengiriman sudah DELIVERED. Saya check berulang kali karena saya masih belum percaya. Setelah saya tanyakan ke pihak jasa pengirimannya ternyata memang benar paket saya sudah delivered alias sudah sampai ketempat tujuan. Saya shock, karena paket saya berisi kamera dengan harga yang tidak murah. Sehari kemudian saya coba telepon kembali ke jasa pengirimannya, saya complain, saya marah – marah. Karena setelah saya jelaskan kejadiannya, tanggapan CS nya bagus akan tetapi saya disuruh menunggu dalam waktu 6 hari kerja. Whattt???!! Saya tidak sabar!. Sudah dua hari saya menunggu, saya semakin penasaran. Satu perumahan saya tanya akan tetapi tidak ada satupun tetangga saya yang menerima paket saya. Saya langsung telepon ke Cabang yang berada di kota Semarang, setelah saya jelaskan CS nya juga mengatakan saya disuruh menunggu, nanti akan di telepon kembali. Semakin saya tidak sabar saya langsung mencari di Google no telepon kantor yang berada di Ungaran, nah disini saya langsung disambungkan dengan kurir yang mengantarkan paket saya. Dan ternyata paket saya masih di kantor, dengan alas an saya tidak dirumah, waktu itu dititipkan tetangga sebelah rumah. Akan tetapi si kurir memutuskan untuk menarik paket saya lagi karena tetangga saya tidak  kunjung menyerahkan paket itu ke saya.
Baca Juga : Cara Mengembangkan Toko Online Agar Ramai Pembeli
Tetangga saya sebelah rumah tidak stay selalu dirumahnya, biasanya dia kerumah orang tuannya, jadi pada saat saya berkeliling untuk menanyakan paket saya, dia sedang tidak dirumah. Saya asumsikan memang dia tidak menerima paket saya. Yang saya sesalkan adalah, kenapa si kurir tidak menelepon saya?, tidak info saya ? dan kenapa di status pengiriman sudah delivered?. Hal tersebut membuat saya shock berat, sama sekali tidak care dengan customer. Padahal saya langganan jasa pengiriman tersebut sejak saya tinggal di kost – kostan. Di hari ketiga baru saya dapatkan paket saya tersebut. Lega tapi masih sedikit kecewa. Nah berdasarkan pengalaman saya tersebut, saya akan berikan beberapa tips untuk anda. Khususnya anda yang menjalankan bisnis online agar lebih dipercaya oleh customer anda.

Seberapa bonafitnya jasa pengiriman paket yang anda pilih?

Hal tersebut cukup ideal untuk dijadikan salah satu cara menentukan jasa pengiriman yang terbaik. Semakin terkenal dan banyak yang menggunakannya, maka dipastikan jasa pengiriman tersebut sudah mengantongi banyak kepercayaan oleh customer mereka. Dengan kata lain jasa pengiriman tersebut prosentase tepat waktunya cukup memuaskan.

Sudah berdiri sejak kapan?

Pengalaman memang berharga. Dengan mengetahui sejak kapan berdirinya sebuah instansi maka dapat dipastikan pengalaman mereka tidak diragugan lagi. Atau mungkin malah, jasa pengiriman tersebut adalah perintis usaha pengiriman paket yang dijadikan contoh oleh jasa pengiriman yang lainnya. Anda bisa percayakan paket anda ke jasa pengiriman yang satu ini.

Customer Service yang memberikan solusi, bukan malah menambah beban mental.

Ini penting, customer yang memiliki keluhan atau pertanyaan,  yang akan pertama kali di hubungi adalah Customer service. Dan seharusnya customer service setiap jasa pengiriman bisa memberikan solusi, bukan malah menambah beban mental customer. Bisa menjelaskan sedetil – detilnya. Dan sanggup menjawab setiap pertanyaan atau keluhan semua customernya. Dan yang pasti harus sabar. Jika anda menemukan jasa pengiriman yang memiliki customer service seperti yang saya sampaikan diatas. Selamat anda sudah menemukan jasa pengiriman paket yang tepat.

Memiliki banyak cabang atau agen di kota – kota kecil, bahkan sampai pelosok desa.

Jasa pengiriman memang seharusnya memiliki cabang atau agen di berbagai daerah. Semakin banyak agennya maka semakin jauh juga daya kirimnya. Tentunya akan sangat mudah menemukan rumah anda, meskipun rumah anda berada di pelosok. Seperti rumah saya ini yang terletak cukup jauh dari perkotaan. Anda bisa percayakan kepada jasa pengiriman yang satu ini, yang memiliki banyak agen atau cabang diberbagai daerah.

Menyediakan layanan untuk packing paket agar lebih aman.

Yang satu ini sangat berguna bila anda mengirimkan paket berupa barang – barang yang mudah rusak atau pecah. Contohnya barang elektronik, gelas kaca, hiasan dari tanah liat atau apapun benda yang mudah pecah. Biasanya packing yang ditambah berupa box kayu atau plastic bubble untuk pelindungnya. Tambah budget buat pengiriman kan tidak masalah asal paket yang anda kirim aman sampai tujuan. Jangan sampai kirim dengan jasa pengiriman abal – abal begitu paket sudah diterima oleh customer, barangnya sudah rusak atau pecah. Pasti anda akan menjadi rugi jika si customer meminta ganti rugi. Kepercayaan untuk andapun akan menurun karena masalah sepele ini. Nah, itulah beberapa tips jitu dalam memilih jasa pengiriman. Semoga pengalaman saya diatas dan tips – tips yang saya berikan bermanfaat untuk anda. Khususnya bagi anda yang menjalankan bisnis yang notabene selalu mengandalkan jasa pengiriman.
  • Leave Comment